Cara Membuat Kandang Ayam Kampung Sistem Umbaran

Cara Membuat Kandang Ayam Kampung Sistem Umbaran

Gambar-Kandang.Com – Trend beternak ayam kampung di tahun 2015 ini tampaknya akan semakin pesat dengan banyaknya restoran yang menyajikan aneka masakan dengan bahan daging ayam kampung.

Berimbas banyaknya para peternak pemula yang ingin mencoba peruntungan beternak ayam kampung. Sebelum mulai beternak terlebih dahulu Anda perlu menyiapkan kandang. Kali ini saya akan bagikan cara membuat kandang ayam kampung sistem umbaran yang merupakan sistem pemeliharaan yang ideal untuk ayam kampung.

Memulai usaha beternak ayam kampung dapat dilakukan dengan memanfaatkan pekarangan rumah Anda. Tentunya pemeliharaan ayam kampung pun juga tergolong mudah. Hanya perlu memberikan makan pada pagi dan sore hari sedangkan air minum diberikan secara adlibitum (tanpa batas). Selain itu tetap menjaga kebersihan kandang agar ayam kampung tidak terserang penyakit.

Berikut adalah beberapa gambar atau foto penampakan pekarangan belakang rumah yang dimanfaatkan untuk beternak ayam kampung.

Cara Membuat Kandang Ayam Kampung Sistem Umbaran

Dalam beternak ayam kampung idealnya harus disediakan lahan yang dikhususkan untuk ayam fase Ꮴnisher hingga panen bisa bergerak leluasa dan mengais-ngais tahan agar kaki ayam kuat. Adapun peralatan kandang umbaran yang diperluakan adalah :

Membuat Pagar Keliling

Anda harus membuat pagar keliling yang cukup tinggi sekitar 2 meter agar ayam tidak bisa keluar dan mencegah maling. Pagarnya bisa dari Seng bekas jika ada, dari batako, atau dari bambu yang lebih murah. Jika bahannya dari bambu pada bagian bawahnya terlebih dahulu disemen agar bambunya lebih awet.

Tempat Pakan dan Minum

Tempat pakan dan minum dapat dibuat dengan menggunakan bahan dari bambu seperti yang sudah saya postingan pada artikel terdahulu di Awas Tempat Pakan Ayam Kampung Tidak Bersih Bisa Cacingan

Membuat Tempat Bertengger

Sifat alamiah ayam kampung adalah seringnya bertengger di atas ketinggian terutama pada saat malam hari untuk itu diperlukan area kandang dengan tempat bertengger untuk ayam dapat tidur secara teratur. dan melindungi ayam dari pemangsa. Tempat bertengger ini dapat dibuat dari bambu disesuai dengan kondisi kandang nantinya

Kandang Bertelur

Anda perlu membuat kandang untuk bertelur. bentuknya dibuat kotak dengan ukuran P X L X T = 35 X 35 X 35 dan terletak diatas

Kandang Brooding

Anda perlu membuat kandang brooder untuk anak ayam kampung yang baru menetas dan diberikan lampu sebagai pemanas. Usahakan kandang brooder tertutup rapat sehingga tidak ada angin berhembus masuk ke kandang. Hal ini bisa diantisipasi dengan menutup celah kandang dengan pelastik atau terpal saat malam hari dan saat hujan.

Semoga artikel kali ini dapat memberikan Anda sedikit pencerahan bagaimana cara membuat kandang ayam kampung menggunakan sistem umbaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *