Jenis Dan Model Kandang Ayam Beserta Gambarnya

Advertisement
Halo Sahabat GA – Peluang bisnis beternak ayam sangat prospektif sekali di Indonesia karena ayam merupakan sumber protein yang dapat diperoleh dengan harga murah dibanding sumber protein hewan ternak lain seperti kambing dan sapi. Bagi Anda yang mampu menangkap peluang ini pasti akan segera memulai merintis usaha beternak ayam.

Seperti yang kita ketahui bahwa beternak ayam ada 3 pilihan yang bisa dipilih yakni ternak ayam petelur, ternak ayam pedaging/potong, dan ternak ayam dwiguna (petelur/pedaging) biasanya ayam kampong. Tentu saja jenis kandang masing-masing tipe ayam tersebut juga berbeda-beda sesuai dengan fungsinya masing-masing. Untuk itu di artikel ini akan dibahas lebih jauh tentang jenis dan model kandang ayam sesuai tipe ayamnya beserta kandangnya.

Jenis kandang ayam dapat disesuaikan dengan ternak apa yang akan dipelihara. Pada ayam petelur kandang yang biasa digunakan adalah kandang baterai. Ayam pedaging/potong kandang biasanya berbentuk postal dengan alas tanah atau semen yang diberi litter (serbuk gergaji atau sekam). Dan tipe ayam dwiguna biasanya di sistem semi umbaran (dimana kandang dibiarkan bebas dan terdapat area untuk berteduh dan untuk tidur).

Faktor terpenting dalam pembuatan kandang berikutnya adalah lokasi, jika berada di daerah beriklim panas sistem perkandangan dibuat terbuka agar udara dapat masuk ke kandang untuk mengurangi panas. Sedangkan di daerah yang dingin (subtropis) pembuatan kandang dibuat tertutup untuk mengurangi iklim dingin yang ektrim.

Model Kandang Ayam Tipe Petelur (Layer)

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kandang ayam tipe petelur berbentuk baterai dimana kandang dibuat bertingkat antara 3-4 tingkat dengan tiap blok di isi satu ekor ayam dan alasnya dibuat miring agar nanti ayam yang betelur, telurnya langsung turun ke depan sehingga telur tidak terinjak-injak.

gambar ayam petelur sistem baterai
Gambar ayam petelur (layer) sistem baterai



Model Kandang Ayam  Tipe Potong / Pedaging (Broiler)

Kandang ayam tipe potong biasanya kandang berbentuk postal dengan alasnya memakai tanah atau semen dan diberi litter berupa serbuk gergaji atau sekam. Dan kandang panggung dimana kandang dibuat seperti pondokan dengan panjang dan lebar sesuai populasi dan alasnya terbuat dari bahan yang kokoh. Alas diberi jarak agar kotoran mudah jatuh ke bawah.

Gambar kandang ayam model panggung
Gambar Kandang Ayam Potong / Broiler Tipe Panggung

gambar kandang ayam broiler tampak dalam
Tampak dalam
gambar kandang ayam potong broiler bagian alas
bagian alas kandang dari bilah bambu
kandang ayam broiler menggunakan letter dari serbuk gergaji atau sekam
kandang ayam broiler menggunaka alas sekam

Model Kandang Ayam Tipe Dwiguna (Ayam Kampung)

Model kandang ini biasanya digunakan pada ayam kampong yang mulai banyak diternakkan oleh para peternak skala rumahan. Model seperti ini disebut kandang sistem ren yaitu kandang diberi area pengumbaran untuk ayam berjemur dan bergerak dengan bebas. Bagian lainnya diberi peneduh agar ayam dapat berlindung dari teriknya matahari dan hujan serta untuk beristirahat. pada bagian pinggir area peternakan diberi pagar pembatas dengan tinggi antara 1- 2 meter agar ayam tidak keluar dari area pemeliharaan. 

gambar kandang ayam kampung sistem ren atau semi umbaran
Model Kandang ayam kampung semi umbaran (ren)
Bagi Anda yang ingin berbisnis ternak ayam silahkan pilih ayam tipe apa yang ingin Anda rintis dan untuk referensi model kandang ayam bisa anda sesuaikan dengan diatas. semoga artikel ini dapat memberikan referensi atau gambaran mengenai jenis dan model kandang ayam.

Advertisement

2 comments